Friday, May 9, 2008

Pakai Kawat Gigi? Untung Atau Rugi?

Pakai Kawat Gigi? Untung Atau Rugi?


Anda sedang mempertimbangkan untuk memakai kawat gigi? Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya kenali dulu seluk beluk kawat gigi. Siapa tahu Anda lebih mempunyai alasan kuat mengapa memakainya dan bukan sekadar ikut trend saja.

Kawat gigi pada mulanya ditemukan pada fosil yang gigi-giginya dipasangi kawat. Fungsinya bukan untuk mengatur letak gigi, melainkan sebagai pengikat gigi-gigi yang goyang. Pada dasarnya kawat gigi berguna untuk memperbaiki fungsi pengunyahan, bicara, pengucapan, dan untuk estetika. Sebenarnya perkembangan tuntutan masyarakatlah yang membuat kawat gigi tertuju untuk nilai estetika.

Memang sangat sedikit jumlah orang yang memiliki susunan gigi dengan relasi rahang atas dan bawah yang normal. Oklusi adalah keadaan hubungan antara gigi pada rahang atas dan bawah pada waktu mulut menutup. Sebagian besar orang memiliki oklusi tidak normal, misalnya rahang bawah terlalu maju atau rahang atas terlalu maju dan bisa dikatakan bahwa sekitar 80% orang di dunia membutuhkan kawat gigi.

Orang yang menggunakan kawat gigi umumnya merasa terganggu dan tidak nyaman akibat ketidaknormalan relasi rahang atas dan bawah. Misalnya ada gangguan pengunyahan dan juga pengucapan. Selain itu, dari sisi estetika juga terlihat kurang menarik.?Walau kondisi fisik menunjukkan seseorang perlu menggunakan kawat gigi, tidak berarti ia mampu mengenakannya. Penggunaan kawat gigi memiliki risiko yang mungkin tidak semua orang bisa mengatasinya. Misalnya, Anda perlu beradaptasi saat pertama kali mengenakannya. Gigi terasa sakit, tidak nyaman, dan menyikat gigi harus dilakukan dengan cermat agar terjamin kebersihannya. Karena itu, tidak semua orang yang memerlukan kawat gigi akhirnya mau menggunakannya.?

Jika Anda sudah memutuskan akan memakai kawat gigi, ada beberapa pilihan yang tersedia untuk Anda. Kawat gigi dibagi menjadi dua macam berdasarkan letaknya, yaitu ekstra oral dan intra oral atau di luar mulut dan di dalam mulut. Di luar mulut?misalnya digunakan untuk dagu yang berlebihan sehingga dagu ditekan agar tidak berkembang berlebihan. Untuk intra oral dibedakan menjadi removable dan fixed appliance.

Kawat gigi Removable maksudnya adalah kawat tersebut bisa dilepas-lepas oleh pasien, bentuknya berupa kawat satu garis di gigi dengan plat di langit mulut. Pada umumnya digunakan pada anak-anak yang belum selesai masa pertumbuhannya atau berusia di bawah 13 tahun dan kasusnya ringan. Bisa juga sebagai alat pendahuluan sebelum menggunakan fixed appliance atau juga?terapi setelah menggunakannya.

Sedangkan kawat gigi Fixed Appliance adalah kawat yang ditempel di bagian depan gigi dan sedikit di bagian dalam gigi karena harganya yang mahal. Fixed Appliance dibagi lagi berdasarkan bahan yang ditempel pada gigi (dinamakan breket). Bahan breket ada yang terbuat dari metal dan non metal. Metal biasanya berwarna silver atau gold. Sedangkan non metal dapat berupa keramik, plastik, composite yang warnanya transparan atau mirip dengan gigi.

Sebenarnya waktu penggunaan kawat gigi yang terbaik adalah pada masa anak-anak, karena pada saat itu sedang terjadi pertumbuhan, sehingga proses mengarahkan pertumbuhan gigi akan lebih mudah terjadi. Sedangkan bagi orang dewasa, harus ada alasan yang kuat untuk menggunakan kawat gigi karena tidak semua orang mampu menolerir rasa sakitnya. Selain itu ada tuntutan kedisiplinan, seperti lebih rajin menggosok gigi, lebih cermat membersihkan gigi, dan tidak bisa makan sembarangan. Hal lain yang menjadi pertimbangan sebelum menggunakan kawat gigi adalah faktor biaya yang cukup mahal untuk pemasangan maupun perawatan kawat gigi.

1 comment:

ummul said...

Untung atau Rugi ya?

Coba aku hitung kembali ya...
Aku buka dulu catatannya di:
http://ummul-orthodonti.blogspot.com

Aku menikmati prosesnya kok!

Salam dan senyum!